0
Dikirim pada 04 Agustus 2014 di

Pantun adalah satu diantara type puisi lama yang sangatlah luas diketahui dalam bahasa-bahasa Nusantara. Pantun datang dari kata patuntun dalam bhs Minangkabau yang bermakna " petuntun ". Dalam bhs Jawa, umpamanya, diketahui untuk parikan, dalam bhs Sunda diketahui untuk paparikan, serta dalam bhs Batak diketahui untuk umpasa (baca : uppasa). Lazimnya pantun terdiri atas empat larik (atau mungkin empat baris apabila dituliskan), tiap-tiap baris terbagi dalam 8-12 suku kata, bersajak akhir dgn pola a-b-a-b serta a-a-a-a (tak bisa a-a-b-b, atau mungkin a-b-b-a). Pantun pd awalnya adalah sastra lisan tetapi saat ini didapati juga pantun lucu yang tercatat.

Seluruhnya wujud pantun terdiri atas dua sisi : sampiran serta isi. Sampiran yaitu dua baris pertama, sering kali terkait dgn alam (mencirikan budaya agraris orang-orang pendukungnya), serta umumnya tidak mempunyai jalinan dgn sisi ke-2 yang mengemukakan maksud tak hanya untuk mengantarkan rima/sajak. Dua baris paling akhir adalah isi, yang disebut maksud dari pantun itu.

Karmina serta talibun adalah wujud kembangan pantun, dalam artian mempunyai sisi sampiran serta isi. Karmina adalah pantun " versus pendek " (cuma dua baris), sedang talibun yaitu " versus panjang " pantun lucu romantis

 

Terbang merpati kearah gunung
terbang berdua bersama lalat
Senangnya hati lebaran dikampung
bertemu keluarga bertemu sahabat

pohon salak daunnya lebat
dahannya patah dinjak jerapah
setahun tidak bertemu sahabat
ternyata sudah pada menikah

ambil kayu sama cangkul
pergi kehutan mencangkul tanah
semoga aku bisa menyusul
lebaran depan bisa menikah



Anda akan menikah? buat website pernikahan anda yang dapat anda gunakan untuk undangan online atau informasi pernikahan anda, Gratis hanya di WebNikah.com.
Atau anda mempunyai bisnis dan usaha dalam layanan wedding seperti wedding organizer, Fotografi, Makeup atau fotografi, Gabung juga sebagai Vendor di Webnikah.com dan promosikan layanan anda. Daftarkan Wedding Service anda di Vendor WebNikah.com


Dikirim pada 04 Agustus 2014 di
comments powered by Disqus
Profile

memperbaiki hudup menjadi lebih layak desebut sebagai manusia More About me

Page
Categories
BlogRoll
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 24.594 kali


connect with ABATASA